Advanced Design Category

Pesawat NS-03 STRIGATE yang digunakan pada kategori ini adalah penyempurnaan dari pesawat NS-01 STRIGATE yang sebelumnya telah memnangi kompetisi ini.  Misi yang harus diselesaikan adalah pesawat harus lepas landas dengan jarak maksimal sepanjang 60 meter, membawa payload minimal seberat lima kilogram, dan terbang maksimal selama 10 menit.

Penilaian dewan juri akan bergantung pada:

  1. kapasitas muatan yang mampu dibawa oleh pesawat;
  2. efisiensi konsumsi bahan bakar;
  3. presentasi terhadap pesawat.

Pada kategori ini pesawat harus dibuat dengan Design Requirements and Objective sebagai berikut:

  1. pesawat harus menggunakan mesin OS-95-AX;
  2. pesawat harus menggunakan COSMO RC fuel;
  3. rentang sayap pesawat tidak boleh melebihi 330 cm;
  4. propeler tidak terbuat dari bahan logam.

Pesawat NS-03 STRIGATE memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Pesawat yang telah disempurnakan dan memiliki keunggulan berikut:

  1. Menggunakan sayap berkonfigurasi tandem. Dengan desain ini sayap akan memiliki luas yang lebih besar sehingga gaya angkat yang dihasilkan akan lebih tinggi. Pesawat juga akan memiliki kemampuan untuk terbang pada kecepatan rendah, gaya dorong yang diperlukan juga akan menjadi lebih kecil. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya konsumsi bahan bakar. Lebih dari itu, dengan pengop- erasian penerbangan yang tepat,dapat dioptimasi sehingga akan ada lebih banyak payload yang mampu diangkut oleh pesawat.
  2. Menggunakan desain sayap dihedral agar lebih stabil secara lateral. Hal ini menyebabkan pesawat menjadi lebih mudah dikendalikan.
  3. Menggunakan balsa yang ringan sebagai struktur pesawat agar proses produksi menjadi lebih efisien. Selain itu, pesawat dengan struktur yang ringan berarti lebih sedikit gaya angkat yang diperlukan untuk mener- bangkannya, sehingga bahan bakar yang digunakanpun semakin sedikit.
  4. Mengganti propeller dengan yang lebih efisien;
  5. Mengubah interface sayap menjadi sayap dihedral, sehingga pesawat dapat menjadi lebih stabil; dengan flap ganda, sehingga dapat menaik-kan gaya angkat dan mengurangi besarnya momen pitch pesawat.
  6. Memperbesar luas ekor pesawat, agar pesawat menjadi lebih stabil.

Leave a comment